Powered By Blogger

Sabtu, 15 Mei 2010

Peresmian PLTA Musi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan pengoperasian PLTA Musi Ujan Mas di Kabupaten Kepahiang, propinsi Bengkulu. PLTA dengan kapasitas 3x70 MW ini diharapkan memenuhi kebutuhan listrik seluruh daratan Sumatera dengan sistem interkoneksi.
Dalam acara peresmian pengoperasian PLTA Musi, selain didampingi Ibu Negara, Presiden juga didampingi Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Meneg Koperasi dan UKM Suryadarma Ali, Mentan Anton Apriyantono, Menteri PU Djoko Kirmanto, Seskab Sudi Silalahi, dan Jubir Presiden, Andi Mallarangeng.
Menurut laporan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, PLTA terbesar se Sumatera yang dikelola PT  PLN.  Menelan biaya 159 juta dolar AS. Dana tersebut berasal dari pinjaman luar negeri dari Asian Development Bank (ADB) sebesar Rp 1,14 triliun dan dari APBN sebesar Rp 245 miliar serta dari PLN sebesar Rp 113 miliar. Pembangunan PLTA ini sempat tertunda beberapa tahun karena krisis ekonomi tahun 1998, namun akhirnya dapat diselesaikan di tahun 2006 .
Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Gubernur se Sumatera.
Acara ini dimulai dengan sambutan dan ucapan selamat datang dari Gubernur Bengkulu Agusrin Nadjamudin. Lalu dilanjutkan penyerahan tiga penghargaan kepada tiga bupati yang membantu proyek PLTA Musi Ujan Mas ini dengan memotivasi masyarakat. Ketiganya adalah Bupati Kepahiang Bando Amin C. Kader, Bupati Rejang Lebong Suherman serta Bupati Bengkulu Utara Imron Rosadi. Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar